Riana Mahilda

BATTLE OF THE BRAND : FACE SPRAY (REVIEW)

Tue, 18 December 2018 02:21 AM

Siapa diantara kalian yang suka pakai face spray ?
Yap, Aku adalah salah satu dari kalian yang jadi menjadikan face spray sebagai daily must bring item. Di Post kali ini aku mau membahas 4 brand face spray yang sudah aku coba dalam periode 1 tahun terakhir, yap aku pertama kali tau ada face spray itu sekitar April 2016 lalu *telat banget HAHAH biasa aku kalau belum butuh, belum mau tau.

Aku tau ada face spray itu dari salah satu one of my coworker, Dinda. Saat itu kami mau mengisi kelas di Bandung dan naik angkutan umum dari Depok. Cuacanya lumayan terik, jam 11 siang, matahari lagi diatas kepala banget. Pas sesampainya di Bis, Dinda langsung ngeluarin face spray dan memakainya, oke aku ikutan nyoba. First Impressionnya soothing dan lembab, kalau habis kena terik matahari gak jarang aku ngerasa kulitku jadi kering banget plus kemerahan, nah setelah mencoba aku langsung menjadikan face spray sebagai barang yang harus aku beli pas ke Guardian/Watsons.

Aku mencoba 4 brand, Evian, Bioderma, Avene, dan yang terakhir Bio-Essence. Mungkin disini ada yang bertanya-tanya apa sih Face Spray itu? Face Spray itu sebenernya adalah air yang digunakan untuk kemudian disemprotkan (spray) pada wajah. Apa bedanya dengan air biasa? Dari 4 brand yang sudah aku coba, terdapat kandungan mineral di dalam air tersebut. Sebenarnya ada air kangen (PH basa/PH asam) yang dikemas dalam bentuk face spray juga, tapi gaktau kenapa perih kalau terkena mata. Beruntungnya keempeat face spray ini tidak pedih dimata,

Aku mulai dari Brand yang pertama kali aku kenal, kemudian aku beli dan aku coba yah:

EVIAN Natural Mineral Water

Sesuai namanya, komposisi Evian terdiri dari air (aqua/water/eau) dan komposisi nitrogen yang terdiri dari beberapa senyawa. Brand ini mengklaim dapat menyegarkan kulit, meningkatkan kelembapan kulit dan membuat hasil make-up lebih tahan lama. Brand asal Prancis ini tersedia dalam kemasan 50 ml, 150 ml dan 300 ml. Aku pribadi 150 ml itu ideal untuk pemakaian sebulan, waktu itu aku sampai repeat order 3x, selama kurang lebih tiga bulan pemakaian. Awalnya memang belum terasa efeknya, manfaat instan yang dapat dirasakan adalah sensitifitas kulit terhadap dampak sinar matahari berkurang, dengan kata lain mengurangi kemerahan setelah terkena paparan sinar matahari. Setelah dua minggu pemakaian, aku merasa kelembapan kulitku membaik. Biasanya aku re-apply day cream setelah wudhu solat dzuhur/break kantor. Nah, selama menggunakan Evian aku gak pernah re-apply day creamku lagi karena kelembapan kulitku sudah terpenuhi. Oia di dalam ruangan kantor tempat aku bekerja itu dingin banget, karena bersebelahan dengan ruang server, dalam periode office hours aku bisa 2-3 kali menyemprotkan face spray (sesuai kebutuhan). Efek tambahan yang aku rasakan adalah kulitku terasa lebih glowing, lebih sehat bercahaya gitu. Itu pun setelah sebulan lebih pemakaian.

Sayangnya, spray button pada kemasan tidak terlalu membuat air yang keluar menyebar dengan luas dan merata.Dari tiga botol yang aku gunakan, daya spreadnya gak kuat dan butiran air yang disemprotkan tidak sama (kadang ada yang kecil, ada pula yang besar dalam satu kali push), malah botol yang terakhir push bottonnya disable (dipencet tetapi tidak keluar isinya) padahal isinya masih ada sekitar 15-20ml L.

BIODERMA Hydrabio Brume

Setelah tiga bulan aku memakai evian, aku mencoba Bioderma. Sama seperti evian, bioderma merupakan brand asal Prancis. Hydrabio merupakan range produk bioderma untuk jenis kulit normal – kering dan face spray ini merupakan saalah satu dari beberapa rangkaian produk yang berada dalam range varian tersebut. Brand ini mengklaim bahwa Bioderma Hydrabio Brume tidak mengandung unsur pewangi, non-comedogenic, bisa digunakan oleh semua usia (dewasa, anak-anak, bayi), serta bisa digunakan pada wajah dan badan. Aku membeli sampai 4x repeat order (3x 50ml + 300 ml).

The first thing perbedaan yang aku rasakan adalah tingkat kekentalan air bioderma. Kalau saat menyemprotkan evian airnya bisa menetes seperti layaknya kita disemprotkan air, berbeda dengan bioderma yang tetap di permukaan kemudian menyerap. Hal kedua yang aku rasakan perbedaannya adalah efek dingin bioderma face spray tidak sebesar evian face spray. Kalau untuk pemakaian di dalam ruangan mungkin gak terlalu berasa, tapi pada saat menggunakan setelah sehabis berolahraga atau pada saat kegiatan di luar ruangan, itu kerasa banget gak ada cooling effectnya huhu. Awalnya aku sempet underestimate sih, karena dari sisi harga, bioderma punya nilai yang lebih tinggi dibandingakan evian. Tetapi ternyata memang berbeda guys (ini aku juga baru baca detail tulisan pada botol setelah ada feeling underestimate itu).

Komposisi bioderma hydrabio brume merupakan air isotonic yang komposisinya terdiri dari air, nitrogen, dan juga beragam garam mineral (PANTES!!). Terjawab sudah ya guys perbedaan dua poin tadi haha. Btw, guys ada satu hal yang membuat aku jatuh cinta sama produk ini yaitu, membuat make up tahan lama seharian! (tanpa membuat rusak/luntur). Semua hasil make-up aku yang bertahan lama itu berkat bantuan dari Bioderma spray. LOVE IT banget! Padahal brand tidak mengklaim bahwa produk bisa membuat make up tahan lama seperti halnya yang tertera pada evian, tapi efek benar terasa justru lebih dimiliki oleh Bioderma, so guys don’t judge a book but its cover, LoL

AVÈNE Thermal Spring Water

Masih dari produk asal Prancis. Both of Avene dan Evian sama-sama mengusung keistimewaan natural water, kamu bisa lihat dari tulisan dibawah brandnya. Aku pakai Avene selama kurang lebih 4 bulan (2 x 150 ml) aku gak tau juga ya, frekuensi aku memakai face spray itu gak berubah/berkurang tapi selama 4 bulan aku hanya menghabiskan 2 botol 150ml, lebih hemat jika dibandingkan brand yang aku bahas sebelumnya. Selain menawarkan Manfaat yang tidak jauh berbeda dengan Evian dan Bioderma, seperti manfaat menyejukkan, mengurain kemerahan, iritasi, sunburn. Brand juga mengklaim dapat digunakan saat kondisi mengeringkan luka, berbagai macam iritasi, reaksi alergi, dan juga kulit dengan kondisi yang hipersensitif, yang menjadi pembeda adalah disaat dua brand sebelumnya bisa membuat make-up lebih tahan lama sebaliknya dengan avene, Avene malah bisa digunakan untuk menyempurnakan dalam proses menghapus make up. Haha, pantesan aku mentreat post make-up aku dengan avene malah luntur pemirsah.

Tingkat kekentalan zat cairnya sama seperti evian, sama-sama seperti air biasa, begitu pun dengan kandungan bahannya. Jika dibandingkan dengan avene dan bioderma, avene is the priciest! Don’t be shock okay! (padahal aku pertama kali harganya juga shock, lmao).

BIO-ESSENCE Miracle Bio Water

Setelah lini face spray didominasi oleh Prancis, akhirnya ada lagi brand kompetitor yang baru saja mengeluarkan rangkaian face spray di Indonesia. Yap, Bio-Essence is made in Singapore. Sebenarnya ada beberapa brand kosmetik lokal/non-lokal yang mengeluarkan face spray tapi manfaat yang ditawarkan lebih untuk menjaga ketahan make up/sebatas menyegarkan. Packaging pun lebih kecil dan pouchable. Kalau 3 brand sebelumnya merupakan face of the brand, tidak halnya dengan Bio-Essence. Bio-Essence punya rangkaian skin care set yang sama-sama diunggulkan. Komposisi Bio-Essence terdiri dari air dan nitrogen, jika pada 3 brand sebelumnya tidak dicantumkan PH level, maka Bio-Essence memberikan keterangan tambahan yaitu PH level sebesar 6.45. Brand ini mengklaim dapat digunakan oleh seluruh usia. Manfaat yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan 3 brand sebelumnya, tetapi ada satu manfaat tambahan nih yang tidak dimiliki brand sebelumnya, yaitu manfaat untuk melembabkan rambut yang kering.

Aku memakai produk ini baru sekitar sebulan and I haven’t amazed yet. Efek yang aku rasa sejauh ini adalah, cooling effectnya sama dengan Avene. Tingkat kekentalan zat cairnya sama dengan Evian dan Avene. Harganya 11:12 dengan evian. Membuat long lasting make-upnya 11:12 juga dengan Evian, aku akan update reviewnya setelah habis satu botol pemakaian.

Nah, jadi gimana guys? Kamu udah menetapkan pilihan belum untuk mencoba yang mana? Mau beralih dari brand yang saat ini dipakai (jika sudah menggunakan) atau mau stay? Ihihihi, aku buat table comparisonnya deh buat merangkum semuanya. Semoga tulisan aku kali ini bisa membantu kamu dalam menentukkan pilihan.

Merci !!

SEE YOU ON MY NEXT POST

Komentar