Riana Mahilda

Homemade Cold Pressed Juice

Wed, 17 July 2019 00:06 AM

Jadwal kegiatan yang padat menuntut badan aku harus tetap prima atau setidaknya tetap fit agar tidak mengganggu produktifitas, seminggu ini aku lagi mencoba cold pressed juice sebagai kombinasi booster imun yang biasanya aku minum.

Apa sih bedanya dengan juice biasa? Dari bahan yang digunakan sama saja, yang membedakan adalah cara menghasilkan air juicenya. Kalau juice biasa, menggunakan blender (dengan pisau sentrifugalnya) sedangkan kalau cold pressed juice menggunakan presser dimana buahnya dipressed sampai keseluruhan sari keluar. Kalau cuma punya blender bagaimana? You don't have to worry guys! Aku termasuk salah satunya, juice yang sudah diblender aku saring manual untuk memisahkan ampas buah dengan airnya. Lumayan effort sih memang tapi demi 200ml yang langsung habis tanpa sisa, i will deh xD

Aku menggunakan buah naga, pisang, strawberry, tomat, dan mentimun sebagai bahan utamanya. Bahan tersebut cukup kamu tambahkan air (50-100ml) kemudian dihaluskan. Aku sengaja tidak pakai gula dan es batu, jadi pure hanya buah dan air. Tapi kalau kamu belum tebiasa dengan rasa asam/pahit/getir, kamu bisa menjadikan madu sebagai alternatif, jumlahnya pun sesuai selera. Waktu yang aku perlukan untuk melakukan pressed manual sebanyak 200ml (seukuran botol di atas) bisa sampai 15-20 menit, sedangkan waktu aku menghabiskan paling lama hanya 10 menit. Believe me, IT's SO TASTY GUYS! You should try! Apalagi disajikan dingin. Setelah dipressed, disimpan kurang lebih 15 menit dalam kulkas agar menambah kenikmatan~ that's why ada kata COLD mengawali dua kata sisanya Pressed Juice.

Kamu bisa mencoba kombinasi buah lainnya, minggu lalu aku mencoba mixed wortel-tomat-perasan lemon (unfortunately, i forgot took the picture). Rasanya mirip-mirip betadine obat kumur, haha but again karena dingin, 200ml habis dalam sekejap! Dingin itu membuat rasa yang tidak nyaman menjadi sangat drink-able. Kombinasinya juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan tubuh kamu, misal beberapa hari lalu saat aku PMS, aku menjadikan pisang sebagai kombinasi diantara bahan yang lain, karena kandungan magnesium dan potasium dalam pisang bisa mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh PMS. Kedepannya aku masih akan mencoba kombinasi buah lainnya. Kalau kamu punya rekomendasi buah apa atau kombinasi apa boleh banget share ke aku.

Rasa buah naga - strawberry jadi favorite aku dan adikku. It would be tastier kalau ada seri buah berry lainnya (blackberry/raspberry), tapi sayang aku gak nemu di pasar tradisional di daerah rumahku, jadi aku pakai bahan yang ada saja. Oia, mungkin kamu heran tumben banget akhir-akhir ini aku bikin cold press juice. Karena aku sadar sehat itu investasi sejak dini, aku mau mencoba membantu tubuhku untuk membentuk/merangsang imunitas secara alami dengan bahan - bahan alami (mengurangi ketergantungan kimia). Bahan alami memang lebih lama terasa manfaatnya alias tidak instant saat itu kamu minum, saat itu juga terasa tetapi efek jangka panjangnya lebih menjamin. Selain itu, aku jadi tersentuh (?) setelah adikku mengalami sendiri manfaatnya. Si tengah terapi Jus Wortel selama kurang lebih 2 bulan dan alhamdulillah silindris matanya hilang (L= 0,75 ; R=1), dari situ aku terpacu untuk melakukan hal serupa. So, this is HIGHLY RECOMMENDED guys! Buat kamu yang mau mencoba gaya hidup sehat tetapi tetap nikmat dan hemat :D

Baca Juga

Wed, 08 February 2017 09:54 am

A Cup of Tea

Mon, 10 April 2017 20:02 pm

Perfect Strangers

Komentar