Riana Mahilda

Manfaat Media Sosial dalam Dunia Blogging

Tue, 18 December 2018 02:03 AM

Berapa jumlah aplikasi media sosial yang terinstall pada handphone kamu? Dari yang sudah terinstall, berapa jumlah yang aktif kamu gunakan? Aku yakin setidaknya kamu menggunakan minimal tiga aplikasi media sosial secara aktif setiap harinya. Bener, gak? Kalau salah, aku traktir-able kok. LoL. Pasti kamu pernah dengar beberapa kasus penggunanya kecanduan atau sifatnya berubah karena media sosial, menunjukkan bahwa peran media sosial sudah tidak lagi ditahap tren ikut-ikutan tapi sudah menjadi kebutuhan bagi penggunanya.

Media sosial bisa jadi baik dan bisa juga menjadi buruk, tergantung pilihan penggunanya. Si pengguna memiliki kendali penuh untuk menentukan akun mana saja yang mereka datangi, ikuti, kemudian terlibat dalam percakapan disitu. Eits, tapi ditulisan kali ini aku akan mengajak kamu untuk memanfaatkan sosial media secara positif, terutama di dunia blogging.

  1. Kanal untuk Membagikan Tautan (link) Blog

Media sosial bisa membuat tulisan kamu mendapatkan lebih banyak exposure dan engagement dengan cara kamu membagikan tautan postingan kamu di media sosial yang kamu punya. Lha, kok iso? Gini, tidak semua teman-teman kamu aktif di satu platform media sosial dalam waktu yang bersamaan. Misal, teman kuliah kamu aktif di Line, sedangkan teman komunitasmu aktif di Instagram. Maka, kamu bisa membagikan link pada kedua platform secara bersamaan. Dengan begitu mereka bisa membaca tulisan kamu dan memberikan manfaat yang lebih luas. Hal ini bisa menjadi metode ‘cross-promote’ agar postingan kamu mudah ditemukan. Pastikan blog kamu terhubung ke media sosial yang kamu punya dengan menyediakan button share, agar pembaca dengan mudah bisa membagikan link keluar platform.

  1. Membangun dan Engaging Komunitas

Let’s say, kamu memiliki pembaca setia yang selalu ingin terhubung dengan kamu diluar blog. Kamu bisa menambahkan properti media sosial pada side bar blog, sehingga pembaca bisa dengan mudah menemukan kamu pada media sosial. Membangun relasi dengan pembaca bisa membuat mereka merasa dekat, terlebih jika komunikasi dilakukan dua arah. Siap – siap mereka akan menjadi advocates dan 'word of mouth'-nya kehadiran blog kamu. Pada poin ini berlaku prinsip customer oriented, 'the more you give, the more authority you’ll get back'.

  1. Wadah untuk Mendengarkan Feedback

Media sosial bisa menjadi wadah untuk kamu membuka sesi feedback terhadap postingan atau konten pada blogmu. Karena tidak terbatasi pada segmen tertentu, maka yang melihat update konten feedback kamu bisa jadi belum pernah mengunjungi blog kamu sama sekali. Hal ini penting dilakukan untuk mengetahui pengalaman pembaca pada saat mengunjungi blog kamu dan hasilnya bisa kamu jadikan bahan untuk melakukan perbaikan berkala. Kalau sudah baik, tinggal dipercantik deh.

Ternyata, keterkaitan media sosial dan blog sangat dekat yah. Malah menurutku seperti dua hal yang tidak bisa dipisahkan, karena keduanya saling memberikan peran yang mendukung. Siapa yang sudah memanfaatkan tiga poin media sosial di atas?

Baca Juga

Sun, 25 November 2018 02:21 am

5 Fakta Tentang Saya

Komentar