Riana Mahilda

Menentukan Tema Blog, Pentingkah?

Tue, 18 December 2018 02:57 AM

Membicarakan tentang dunia blog, tidak bisa lepas dari tema blog yang dipilih. Ibaratnya nih tema blog itu seperti payung besar yang menaungi setiap postingan yang kamu buat. Analogi lain, sama halnya seperti saat kamu membuat peta konsep atau mind mapping. Topik besar utama itulah yang disebut 'tema blog'.

Saat memutuskan untuk kembali menulis blog, tema blog bukan termasuk daftar prioritas yang aku pusingkan. Menentukan tema blog perlu dipikirkan secara menyeluruh serta jangka panjang. Lho, kenapa? Jadi yah, tema blog itu akan menjadi ujung tombak mengenai konten apa yang akan kamu hadirkan, segmen pembaca kamu, serta ke arah mana blog kamu akan berlayar. Bukan sembarang tebakan kancing untuk menentukannya.

Aku menyukai tema blog yang ringan serta informatif. Kamu bisa melihat pada kategori yang terpampang di panel atas blogku. Sebagian besar konten didominasi oleh tulisan bertemakan kuliner, opini dan lifestyle. Pemilihan tema didasari oleh hal-hal yang dibawah sadar memang menarik minatku. Nah, dari payung besar ini aku bisa mengeksplore kembali postingan apa yang mau aku buat dan bagikan.

  1. Kuliner

Tema yang paling mudah untuk dieksplore tetapi paling membutuhkan usaha untuk melakukannya. Mudah, karena aku sudah membuat pointers atau template kerangka untuk setiap postingan berkategori kuliner ini. Bentuk tulisannya pun dipastikan 90% dalam bentuk ulasan. Butuh usaha lebih, karena membutuhkan dokumentasi berupa foto yang lebih dari satu dengan teknik pengambilan yang setidaknya bisa benar-benar mewakili rasa dan penampilan makanan itu sendiri serta suasana secara menyeluruh. Gak jarang dipostingan kategori ini, komposisi foto lebih banyak dari pada tulisan.

  1. Opini

Opini, aku menyebutnya hasil buah pemikiran pribadi aku terhadap berbagai perspektif yang memang ingin aku bagikan. Judulnya bisa mengarah kepada hal – hal yang bersifat personal atau hal-hal umum yang pernah aku alami. Semacam postingan yang paling menggelitik untuk dijadikan bahan bertukar pikiran.

  1. Lifestyle

Gaya hidup, tema yang bisa dibilang sangat luas untuk dibahas. Aku sendiri menyukai tema ini, karena kehidupan keseharian kitapun tidak bisa lepas dari tema ini. Pola makanan kamu, pemilihan menu makanan, pakaian sehari-hari, bagaimana kamu menjalani karir, minat, parenting, berpergian dari satu tempat ke tempat lainnya tidak lepas dari gaya hidup.

Ada banyak pilihan tema yang kamu sukai dan bisa kamu jadikan niche blog. Semakin sedikit dan spesifik tema yang kamu gunakan akan semakin baik. Kira-kira kenapa hayo? Paling banyak berapa, ri? Tuh, kaya aku. Tiga cukup yah teman-teman. Satu lagi yang paling penting, jadilah diri kamu sendiri. Jangan ikut-ikutan musim atau teman. Lagi tren travel blogger kemudian kamu main tembak jadi travel blogger padahal kamu tipikal seseorang yang lebih memilih stay at home bahkan bisa dihitung jari untuk travelling. Lagi hits beauty blogger tapi gak suka make up sama sekali, apa jadi gak terpaksa tuh menulisnya? Hihihi. Tulisan itu produk hati, jadi milih temanya jangan lupa pakai hati juga yah :)

Baca Juga

Tue, 20 November 2018 00:52 am

5 Alasan Kenapa Menulis Blog

Thu, 22 November 2018 00:24 am

Memilih Nama Blog

Komentar