Riana Mahilda

Roemah Kata : Cafe dan Resto Keluarga di Depok

Tue, 18 June 2019 22:40 PM

Saat ini agak sulit menemukan coffee shop yang juga menghadirkan makanan berat khas Indonesia, maklum aku orangnya ‘laperan’, suka gak cukup minum kopi kalau ditemani roti aja. Beruntungnya di daerah Depok ada Roemah Kata, Cafe Resto, yang tidak hanya menyajikan minuman ala coffee shop tetapi juga menyajikan sederetan menu Khas Indonesia.

LOCATION :

Jl.Boulevard Raya Grand Depok City No.14 (klik disini)

Dari alamat di atas kamu pasti sudah ‘ngeh’ kalau lokasi Roemah Kata berada di kawasan Grand Depok City. Tepatnya di area ruko Taman Rekreasi Air Depok Fantasi Waterpark. Jadi kalau kamu sudah melihat logo Depok Fantasy Waterpark, kamu bisa sedikit mengurangi kecepatan untuk menelusuri pertokoan. Lokasinya sederetan dengan Indomaret, yah!

Lokasi Roemah Kata Depok

Roemah Kata Cafe dan Resto tampak depan

OPENING HOURS :

Roemah Kata buka pukul 10.00 – 22.00 WIB dengan peak waktu kunjungan pada siang dan sore. Jika kamu ingin melakukan reservation diluar waktu tersebut (lebih awal atau lebih akhir) kamu bisa langsung berkoordinasi dengan pramusaji disana. Fleksibel banget.

ATMOSPHERE :

Saat kamu sampai di depan lokasinya, kamu gak akan menyangka kalau Roemah Kata juga merupakan resto makanan keluarga. Karena designnya sangat coffee shop sekali, yang minimalist dan kental dengan konsep nongkrong untuk anak muda.

Begitu masuk, ada coffee bar dan juga dua set sofa. Kamu akan disambut oleh pramusaji dan bisa langsung memesan makanan atau tempat disini. Interior minimalis tampak di ruangan ini, dengan paduan bohlam gantung dan sofa merah serta moodboard yang tidak terlalu banyak variasi warna.

Kemudian aku naik ke lantai dua, di lantai dua inilah yang konsepnya resto. Ada beberapa set kursi dan meja makan yang bisa kamu pilih suasananya, dimanjakan dengan pendingin ruangan juga wifi. Sebenarya di lantai satu tadi masih masuk jangkauan wifi juga, akan tetapi di lantai dua letak perangkatnya berada, jadi lebih kuat sinyalnya, uhuy! Eh, mau cek wifi atau mau makan sih? Haha.

Spotnya instagram-able banget kan~. Kalau di lantai satu hanya ada satu tematik interior, lain halnya dengan lantai dua. Di sini ada empat dekor tematik dipasangkan dengan set furniture yang berbeda pula. Kamu bisa pilih mau duduk dimana sesuai suasana yang kamu inginkan.

MENU, CUISINE TYPES & COST :

Menu yang dihadirkan terdiri dari menu resto dan menu cafe. Menu resto khas dengan makanan jenis main course yang mengeyangkan perut ala Indonesia, sedangkan menu cafe menghadirkan varian makanan ala western. Selain menu makanan, terdapat juga menu minuman dengan banyak pilihan. Mulai dari varian kopi, teh, jus, squash, smoothies, serta soft drink. Untuk kamu yang ingin lebih hemat, kamu bisa pilih menu paketan.

Menu Roemah Kata Depok

Aku memesan beberapa menu yang direkomendasikan oleh Roemah Kata yaitu, Bebek Peking Balur Roemah Kata, Ice Coffee Roemah Kata, Moccalatte Roemah Kata dan Pancake Ganace Roemah Kata. Setelah ini pada berfikir ya aku bisa menghabiskan semuanya apa gak? Haha. Alhamdulillah habis kok, karena berdua makannya :p

Bebek Peking Roemah Kata terdiri dari ¼ potong bebek peking, 2 kerupuk udang, sayuran, nasi dan sambal. Aku pesan ini, karena memang aku lapar sekali pada saat itu. Jadi, langsung saja aku melihat menu rekomendasi yang mengenyangkan alias ada nasinya, maafkan aku anaknya Indonesia banget, haha. Begitu makanan datang, aku langsung potong bebeknya, sebagai penggemar kuliner bebek, rasanya mau langsung membandingkan dengan dua resto khas bebek kenamaan yang biasa aku pesan. Teksturnya empuk juicy, jadi effortless banget untuk menguyahnya, first impression yang meresahkan! Setelah itu baru aku makan pakai sambal, sambalnya ini cenderung manis bagi selera aku pribadi dan tidak pedas, tapi tenang saja ternyata tingkat kepedasannya bisa direquest saat memesan dan yang paling penting, bisa nambah! Aye aye~

Ice Coffee Roemah Kata dan Moccalatte Roemah Kata adalah menu minuman kopi yang aku pesan. Hanya berbeda pada jenis sajian saja, dingin dan panas. Ice Coffee Roemah kata disajikan dengan gula aren kekinian. Oia, jangan tanya ya kenapa keduanya dari varian latte. Aku memang tidak terlalu suka kopi yang pure kopi karena lambungku sedikit intolerance, pasti selalu pesan yang ada campurannya. Kedua kopi ini tuh manisnya pas, padahal aku gak request detailnya dan masing-masing unsurnya terasa, tidak ada unsur yang dominan. Aku minum Ice Coffee Roemah Kata di spot yang langsung menghadap ke kolam berenang, suegeeer gimana gitu ya pemandangannya biru-biru gitu. Ini spot paling enak kalau siang dan sore hari.

Pancake Ganace Roemah Kata menjadi makanan penutup yang aku pesan, sesederhana karena aku suka coklat dan vanilla, semudah itu aku memutuskan untuk memilih menu ini. Lagi-lagi yaa, walaupun ini berlabelkan dessert, tapi memiliki manis yang pas. (selera aku: manisnya antara 50-75%). Pancake disajikan tipis dan lembut, tetap effortless mulai dari mengirisnya sampai mengunyahnya.

Aduh, jangan dibayangkan deh. Kamu gak akan kuat. Langsung saja kamu kunjungi dan pesan menu – menu favorit kamu. Kalau butuh teman aku traktir-able kok, loh (?). Selain nyaman untuk makan bersama orang-orang tersayang, Roemah Kata juga bisa jadi pilihan kamu untuk mojok buka laptop mengerjakan task kantor atau tugas kuliah. Ada keyboard, sound, screen, dan proyektor juga jika kamu membutuhkan ruang untuk meeting, presentasi, atau gathering. It’s all free, tidak dikenakan biaya sewa, hanya cukup memesan makanan saja disana :D

PROS :

  • Lokasi mudah dijangkau.
  • Internet dan Listrik (electricity hub)
  • Nyaman untuk kumpul bersama keluarga.
  • Cozy untuk mengerjakan tugas
  • Tersedia variasi gula rendah kalori
  • Bisa takeaway
  • Pelayanan ramah
  • Tersedia menu Resto dan Menu Coffee Shop
  • Tersedia Sound, Screen, Proyektor untuk acara tertentu
  • Tersedia Keyboard unttuk Live Music atau Karoke
  • Banyak spot instagramable

CONS :

  • AC lantai 1 kurang terasa, kadang dipakai juga untuk smoking room

Semoga reviewku kali ini bermanfaat, terutama untuk kamu yang sedang mencari resto dan café keluarga di Depok! Xoxo~

Baca Juga

Komentar