Riana Mahilda

(Review Buku) Jurus Sehat Rasulullah, Hidup Sehat Menebar Manfaat

Sat, 31 October 2020 00:02 AM

Jika kamu ingin kembali ke pola hidup sehat sesuai syariat atau thibbun nabawi (pengobatan ala nabi) tetapi juga bersinergi dengan teknologi, Buku Jurus Sehat Rasulullah karya dr. Zaidul Akbar bisa kamu baca untuk dijadikan pedoman dan dipraktikan.

Melalui buku dengan tebal 315 halaman ini, dr. Zaidul Akbar ingin mengenalkan konsep gabungan antara pola-pola kesehatan ala Rasulullah, pengembangan teknologi, serta ciptaan Allah kepada masyarakat yang kemudian konsep tersebut disebut Jurus Sehat Rasulullah.

Dalam pendahuluannya, dr. Zaidul Akbar menyebutkan bahwa tujuan inti dari Jurus Sehat Rasulullah adalah untuk mendorong umat untuk kembali kepada panduan kesehatan yang sejalan dengan Al-quran dan sunah. “Percuma hidup sehat, tapi tidak membuat semakin taat”, ujarnya sekaligus mengingatkan agar terus mendekatkan diri kepada Allah.

Buku ini akan mengajak kamu menelusuri banyak fakta kesehatan pada masa kini yang ternyata ada dalam ayat-ayat Al-quran, artinya sejak dahulu kala Allah sudah memberikan panduan kepada nabi bagaimana cara hidup sehat yang baik dan benar. Selain itu diceritakan juga bagaimana Rasulullah mempraktikan sunnah yang disampaikan melalui para sahabat pada jamannya. Aku pribadi merasa takjub karena tersadarkan bahwa ternyata metode pengobatan dan bagaimana menjaga kesehatan secara detail disampaikan di Al-quran, sudah diajarkan oleh Rasulullah sejak dulu, dan bahkan masih sesuai dengan teknologi saat ini.

Menjalankan pola hidup lebih sehat merupakan pilihan tetapi jiwa dan fisik yang kuat adalah idaman. Buku Jurus Sehat Rasulullah membagi pembahasan menjadi 8 bagian:

Masalah Kesehatan Kita Saat ini

Bagian pembuka pada buku ini mengidentifikasi keluhan yang umum terjadi pada tubuh kita. Aku sendiri merasa tertampar karena banyak keluhan yang disebutkan pada buku ini terjadi di tubuhku, seperti sering lapar, mudah mengantuk, dan suka pusing. Kemudian dibahas pula bagaimana mengkonsumsi bahan atau produk esensial yang selama ini kadang-kadang dianggap salah kaprah oleh masyarakat, contoh paling mudah adalah tentang susu pasteurisasi.

Profil Generasi Terbaik pada Zaman Rasulullah

Rasulullah menjadi representasi ideal antara hubungan karakter yang bersifat fisik, kimiawi, dan psikososial pada tubuh seseorang dapat membentuk frekuensi di alam semesta. Contohnya ada seekor kedelai yang menangis dan mengadukan perlakuan empunya yang tidak memberinya makan, diceritakan pula bahwa kambing Ummu Ma’bad yang kurus, kering, sakit-sakitan, dan hampir mati menjadi sehat ketika disentuh oleh Rasulullah, dan beberapa contoh lainnya yang menjelaskan fenomena tersebut.

Jurus Menyehatkan Qalbu ala Rasulullah

Menjaga keseimbangan antara hati, iman, dan pikiran adalah salah satu value yang diusung dalam buku Jurus Sehat Rasulullah dan dijelaskan detail pada bagian dengan 81 halaman ini. Mulai dari besarnya kepercayaan dan hubungan kita ke Allah mempengaruhi kesehatan sampai bagaimana rukun islam secara ilmiah berperan dalam kesehatan tubuh dan mental kita.

Jurus Menyehatkan Tubuh ala Rasulullah

Islam dengan sangat sempurna mengajarkan sampai perkara apa yang masuk ke dalam tubuh kita. Apakah makanan dan minuman tersebut halal atau haram, thayyib atau tidak thayyib, produk apa yang halal dan thayyib kemudian dicontohkan melalui diet sehat ala Rasulullah yang sangat aplikatif untuk kita lakukan dalam keseharian. Kabar baik, produknya alami serta sangat mudah ditemukan di sekitar dengan harga murah!

5 Kunci Sehat Membangun Gen yang Sehat

Asam amino, probiotik, prebiotik, rempah, dan rimpang diperlukan untuk membangun kerangka tubuh, protein gen yang kuat. Masing-masing dijelaskan perannya dalam membentuk kekuatan sel tubuh dan menjaga kesehatan disertakan pula macam-macam produknya dan lagi-lagi produknya ada di sekitar kita.

Pengobatan yang Dianjurkan Rasulullah

Pernah denger nenek atau leluhur kamu bercerita pakai temulawak, kunyit, mangga, dan wortel untuk penyembuhan penyakit kuning? Ternyata ada lho hubungan teori warna dan bentuk dalam pengobatan tradisional dan pengobatan modern membuktikan hal itu. Dijelaskan juga tentang ruqyah dan bekam, mulai dari ayat-ayat yang menjelaskan, do & don’t, sampai bagaimana detail implementasinya lengkap dipaparkan pada bagian ini.

Mewujudkan Generasi Baru Peradaban Emas Islam

Pada bagian penutup ini penulis mencoba merangkum kembali apa saja poin dan pesan yang telah disampaikan pada bab-bab sebelumnya ditambah dengan ajakan untuk mewujudkan generasi setelah kita nanti agar lebih taat juga sehat yang dijelaskan mulai dari fase terpenting membangun generasi yaitu fase awal, kehamilan, dan kelahiran.

Pejabaran di atas merupakan gambaran umum dan singkat dari setiap bagian. Buku Jurus Sehat Rasulullah karya dr. Zaidul Akbar memberikan pembahasan dari mulai masalah kesehatan yang sehari-hari kita hadapi hingga solusi praktisnya yang mudah untuk diterapkan. Sayangnya, buku ini tidak dilengkapi resep olahan menu yang disarankan. Jadi harus intip instagram beliau terlebih dahulu untuk mendapatkan resep-resepnya.

Baca Juga

Tue, 27 August 2019 15:25 pm

6 Bulan Pertama sebagai UX Writer

Komentar