Riana Mahilda

5 Rekomendasi Lagu Korea yang Menenangkan

Tue, 18 December 2018 02:02 AM

Apakah kamu pernah merasa begitu sesak? Hari-harimu begitu terasa berat, kemudian kamu mencari lagu-lagu di Spotify dan Joox yang mewakili perasaanmu, atau lagu yang bisa menenangkanmu. Sesekali menangis itu dibutuhkan untuk meluangkan rasa sesak dihatimu, membuat ringan apa yang ada dipundak kamu. Kamu bisa menambahkan lima lagu ini ke dalam daftar playlistmu.

  1. It's Okay – BTOB

Lagu ini memberikan kamu semangat dan motivasi saat kamu ‘struggling’ dalam menghadapi berbagai maccam situasi yang berat. Sesuai judulnya, lagu ini menyampaikan pesan bahwa ‘aku akan membantumu, it’s okay, aku mempercaiyaimu kamu bisa melewatinya’. Selain itu lagu ini juga mengingatkan dibalik hari yang berat itu terdapat keluarga, teman yang selalu mendukung kamu.

  1. Little Star – Standing Egg

Standing Egg terkenal dengan musiknya yang bergenre akustik pop. Beberapa lagu ciptaan mereka berhasil menjadi soundtrack pada beberapa drama korea. Tapi kali ini aku akan mengenalkan ke kamu, salah satu lagunya yang cocok untuk dijadikan lagu pengantar tidur. Litte Star menceritakan tentang seorang lelaki yang menceritakan sebuah kisahnya kepada gadis yang dicintai saat sebelum tidur, ‘sambil ngelonin gitu lho’. Liriknya berkata, kalau si gadis akan tidur lebih dulu sebelum ceritanya berakhir. Hmm, kalau kamu yang dengarkan akan tertidur sebelum lagu habiskah?

  1. End of A day – Jonghyun

Diakhir sebuah hari, lagu yang dibawakan oleh Jonghyun menceritakan dari sudut pandang orang pertama juga orang kedua. Tentang kamu dan aku yang melewati kesalahan-kesalahan yang diperbuat serta hari yang begitu melelahkan dimanapun berada, ‘You did a good job today, you worked so hard’ sepenggal lirik yang diulang sebanyak tiga kali sepanjang lagu menandakan bahwa jonghyun ingin menyampaikan pesannya kepada pendengar musiknya untuk tetap berdiri menghadapi hari.

  1. Breath – Lee Hi

Soloist yang dinaungi oleg YG entertainment ini memiliki sebuah lagu yang menurutku benar-benar menenangkan, breath. Lagu ini diciptakan berdasarkan pengalaman dia sendiri saat mengalami light panic disorder yang membuatnya sulit bernafas ketika setiap memulai pertunjukan. Diciptakan untuk mereka yang berkeluh mengenai dunia yang begitu melelahkan. Lee Hi, mengingatkan kita untuk ‘bernafas’, disaat sesak di dada tiba-tiba menyerang, disaat kamu harus menghadapi kenyataan tetap bertahan walaupun sesungguhnya kamu seperti akan terjatuh. It’s okay untuk membuat kesalahan, tidak akan ada yang menyalahkanmu, karena setiap orang pasti pernah melakukannya. Walaupun mungkin Lee Hi tidak bisa mengerti karena apa tapi dia berharap dia bisa menggenggam tangan para pendengarnya melalui lagu ini.

  1. Good Night – Highlight

Jaljayo baby, sepenggal kata yang disampaikan melalui lagu ini. Pas di dengar sebagai lagu pengantar tidur setelah struggle dalam rutinitas harian. Lagu ini berusaha memberikan rasa nyaman sebagai teman tidur, menenangkan karena berusaha membiarkan emosi lepas. Cuplikan liriknya mengatakan, ‘seberapa baik kamu menyembunyikan bahwa kamu baik-baik saja, tersenyum seolah tidak ada sesuatu, saya dapat melihatnya, jangan disembunyikan, ceritakan saja’.

Suatu hari, seorang teman pernah berkata,

Dia : ‘'lagi jenuh banget, gue butuh temen ngobrol yang dengerin gue, antusias dan respon gue. Sampai gue merasa astaga,,, gue pingin banget dipeluk Cuma buat melepaskan rasa kesal, sesak, bete, dan gundah’’
Aku : ''Gue free kok kalau mau bertemu’'
Dia : ''Sampai gue cuma pingin dipeluk doang, lo gak perlu respons gak apa-apa.''

Sebagai pertolongan pertama, aku memintanya untuk tarik nafas dalam, istighfar, kemudian aku memberikannya lagu breath dan end of a day. Setiap orang pasti pernah melewati hari-hari yang begitu berat dengan kasus yang beragam. Aku percaya metode healingnya pun berbeda, salah satunya dengan mendengarkan lagu. Semoga membantu!

Baca Juga

Komentar